5 Pohon Tertua di Dunia

5 Pohon Tertua di Dunia

Lebih dari sekadar daftar, berikut ini adalah penghargaan untuk para penjaga dunia yang tak kenal takut ini. Cari tahu apa saja 5 Pohon Tertua Di Dunia.

1. Gran Abuelo, Chili – 3.640

Gran Abuelo, Chile – by Pato Novoa :Flickr

Alerce adalah nama umum untuk Fitzroya cupressoides, spesies pohon menjulang yang berasal dari pegunungan Andes. Hampir tidak ada yang tahu berapa umur pohon-pohon ini karena sebagian besar spesimen yang lebih besar ditebang habis-habisan pada abad ke-19 dan ke-20. Banyak ahli botani percaya bahwa mereka adalah pohon hidup terpanjang kedua di Bumi selain pinus bristlecone di Amerika Utara. Sampai saat ini, spesimen hidup tertua yang diketahui berusia 3.640 tahun.

2. Sarv-E Abarkuh (Zoroastrian Sarv), Iran – 4000

Zoroastrian Sarv, Iran – by TruthBeethoven:Wikimedia

Cypress of Abarkooh, juga disebut Zoroastrian Sarv, adalah pohon cemara di Abarkooh, provinsi Yazd. Ini adalah monumen nasional Iran dan objek wisata yang berdiri diperkirakan setinggi 28 meter (91 kaki) dan dengan keliling 11,5 meter (38 kaki) di batangnya dan 18 meter (59 kaki) lebih tinggi di sekitar cabangnya. Ilmuwan Rusia Alexander Rouf memperkirakan usianya lebih dari empat ribu tahun dan dengan demikian ia mungkin makhluk hidup tertua di Asia. Beberapa legenda mengaitkan asalnya dengan Yafet, putra Nuh, sementara yang lain percaya Zoroaster sendiri yang menanamnya. Kondisi alam yang menguntungkan dari lokasinya telah dikreditkan sebagai alasan utama umur panjang pohon, meskipun sekarang telah diselimuti oleh taman kota dan dengan demikian terbuka terhadap gangguan oleh unsur-unsur yang tidak alami.

3. Llangernyw, North Wales – 4,500

Llangernyw, North Wales – by Emgaol:Wikimedia

Pohon yew di halaman gereja St Digain Llangernyw terkenal berumur 4000 tahun. Conwy County Borough, otoritas lokal telah memberikan sebuah plakat yang mengakui pentingnya Pohon Yew Kuno ini. Berusia 4000 tahun itu adalah salah satu makhluk hidup tertua di planet ini. Itu adalah pohon tua besar dengan banyak karakter dan Anda bisa berjalan melewatinya. Nah, pohon itu memiliki tiga batang utama yang terbelah ke arah yang berbeda sehingga menyisakan ruang bagi pengunjung yang berhati-hati untuk melangkah di antara mereka. Terletak di halaman gereja, semoga tetap aman untuk lebih banyak lagi

4. Methuselah, California, United States – 4,847

Methuselah, California, USA – by Chao Yen – Desires Photo:Flickr

Pada usia 4.847 tahun, pinus bristlecone kuno ini adalah organisme non-klonal tertua kedua yang diketahui di Bumi. Terletak di Pegunungan Putih California, di Hutan Nasional Inyo, lokasi persis Metusalah dirahasiakan untuk melindunginya dari publik. (Spesimen yang lebih tua bernama Prometheus, yang berusia sekitar 4.900 tahun, telah ditebang oleh seorang peneliti pada tahun 1964 dengan izin Dinas Kehutanan AS).

5. Old Tjikko, Swedia – 9.550

Old Tjikko, Sweden – by Karl Brodowsky:Wikimedia

Pohon tertua di dunia, Pohon Cemara Norwegia berusia 9.500 tahun bernama “Old Tjikko”, diambil dari nama Siberian husky milik Profesor Leif Kullman, terus tumbuh di Swedia. Ditemukan pada tahun 2004 oleh Kullman, profesor Geografi Fisik di Universitas Umeå, usia pohon ditentukan menggunakan penanggalan karbon-14. Batang pohon hidup tidak lebih dari 600 tahun, tetapi umur sistem akarnya ditentukan menggunakan penanggalan karbon dan pencocokan genetik. Di tempat lain di pegunungan Fulu, 20 pohon cemara telah ditemukan berusia lebih dari 8.000 tahun.

Asal kamu tahu…

  • Umur pohon tertua di dunia ditentukan oleh penanggalan karbon dari sistem akar di bawah pohon, bukan dengan dendrokronologi, atau menghitung lingkaran pohon.
  • Pohon individu tertua di dunia mendahului piramida kuno

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *