5 Lukisan Paling Terkenal di Dunia

5 Lukisan Paling Terkenal di Dunia

Seni. Ada dalam berbagai bentuk, tetapi lukisan telah mengklaim banyak ketenaran dan pengakuan selama bertahun-tahun. Ketika seseorang mengatakan bahwa mereka adalah seorang seniman, Anda biasanya membayangkan mereka sebagai pelukis terlebih dahulu. Ini karena lukisan sebagai bentuk seni telah ada selama lebih dari 30.000 tahun, sejak lukisan pertama yang sekarang berada di Grotte Chauvet, Prancis.

Lukisan pertama ini diukir dan dilukis menggunakan oker merah dan pigmen hitam; mereka memamerkan kuda, badak, singa, kerbau, mammoth, banyak desain abstrak, dan sebagian figur manusia.

Namun, bukti paling awal dari lukisan yang ada sebagai bentuk seni sebenarnya ditemukan di dua tempat perlindungan batu di Arnhem Land, atau Australia Utara. Para arkeolog menemukan potongan oker bekas yang diperkirakan berumur 60.000 tahun!

Dan sejak itu, seni lukis telah berkembang pesat. Sekarang kami memiliki ratusan ribu seniman (lukisan) di Bumi. Dan banyak karya yang sangat indah dan terkenal. Yang membawa kita ke artikel ini: 5 Lukisan Paling Terkenal di Dunia. Karya seni ini diklaim sebagai karya klasik dan sama sekali tidak tersentuh (secara harfiah).

Jadi tanpa basa-basi lagi, mari kita masuk ke lukisan yang sangat terkenal ini, dan inspirasi di baliknya!

1. Mona Lisa — Leonardo da Vinci

Meskipun urutan yang benar dari lukisan-lukisan ini dapat diperdebatkan, yang satu ini tidak bisa. Mona Lisa adalah karya klasik. Sebuah lukisan yang semua orang tahu. Salah satu yang bisa duduk dengan nyaman di bagian atas daftar ini, tanpa argumen apa pun.

Mona Lisa adalah lukisan yang sangat indah dari seorang wanita bernama Lisa Gerardini, yang tinggal di Florence, Italia. Ada seorang pedagang sutra di Florence bernama Francesco del Giocondo yang bersikeras untuk melukis istrinya.

Kata Mona adalah kependekan dari kata Italia “madonna,” yang berasal dari “mia donna” (yang secara harfiah berarti “wanitaku” atau “wanitaku”). Inilah mengapa lukisan itu dinamai Mona Lisa, yang berarti “My Lady Lisa” setelah wanita yang dia lukis.

Mona Lisa telah mengatakan selama bertahun-tahun untuk menjadi istri Francesco, meskipun saat meneliti saya menemukan mungkin ada beberapa kontroversi mengenai renungan aslinya. Mungkin kekasih rahasia?

2. Malam Berbintang — Vincent Van Gogh

Jendela yang dia gambarkan kepada saudaranya berada di dalam rumah sakit jiwa di Saint-Rémy, Prancis Selatan. Di sini, Van Gogh mencari kelegaan emosional sambil tetap menekuni karya seninya.

Sementara Starry Night didasarkan pada pemandangan dan pengamatan, itu juga sangat didasarkan pada emosi, ingatan, dan imajinasinya sendiri. Mari kita hancurkan. Menara gereja itu, konon mirip dengan yang ada di Belanda, tempat asalnya. Dibandingkan dengan yang ada di Prancis, di mana dia berada pada saat lukisan itu. Gerakan berputar di langit adalah pengamatan debu, dan gas yang dikenal dengan nebula. Pengamatan astronomi ini cocok dengan laporan langit yang diterbitkan selama waktu itu. Lukisan itu terstruktur dengan baik, namun sapuan kuas yang pendek dan berat menciptakan karya yang “bergerak”. Warna yang kaya dan kontras mewakili kecintaan Van Gogh pada malam, yang menurutnya, “jauh lebih hidup dan kaya warna daripada siang hari.”

3. Jeritan — Edvard Munch

The Scream adalah lukisan yang sangat terkenal yang berasal dari Norwegia. Mungkin salah satu cerita favorit saya.

Menurut Munch, lukisan itu mewakili peristiwa tertentu. Dia ingat suatu hari berjalan dengan dua temannya, ketika tiba-tiba seluruh suasana berubah. Itu adalah hari yang tenang dan tenteram, jelasnya, sampai langit berubah total dan menelan dirinya sendiri dalam nyala api merah cerah. Perubahan yang tiba-tiba dan intens ini memicu kecemasan di Munch, begitulah The Scream muncul.

Donald Olson, seorang profesor astronomi dan fisika di Texas State University, mengaitkan langit merah yang dilihatnya hari itu dengan letusan gunung berapi di belahan dunia. Olson dan timnya menentukan bahwa percikan api merah yang hidup ini sebenarnya adalah puing-puing dari letusan dahsyat di pulau Krakatau, Indonesia. Liar, bukan ?!

4. Gadis dengan Anting Mutiara — Johannes Vermeer

Daya pikat lukisan ini terkenal di dunia seni. Tidak ada yang tahu mengapa itu begitu misterius, selain fakta bahwa sangat sedikit yang diketahui tentang pelukis, dan bahkan lebih sedikit tentang subjeknya. Siapa dia? Tidak ada yang bisa memastikan, karena sangat kurangnya bukti. Beberapa mengatakan itu mungkin salah satu dari tujuh putrinya, yang lain mengatakan itu adalah pelayan, kekasih, atau mungkin hanya karakter. Ada genre lukisan yang disebut Tronie (yang melibatkan karya seni yang digambarkan sebagai karakter, bukan orang yang sebenarnya), yang menurut banyak ahli lukisan ini harus dikategorikan.

Juga dikenal sebagai “Mona Lisa of the North,” lukisan terkenal dan misterius ini telah ada sejak 1665.

Bagaimanapun, itu tetap sulit dipahami, namun benar-benar menakjubkan.

5. Perjamuan Terakhir — Leonardo da Vinci

Akhirnya, inspirasi da Vinci terletak pada Injil Yohanes, 13:21. Perjamuan Terakhir. Makanan terakhir yang Yesus bagi dengan murid-muridnya sebelum kematian dan kebangkitannya. Jika Anda melihat lebih dekat, lukisan itu sangat detail, membutuhkan waktu hampir tiga tahun untuk menyelesaikannya. Selama makan malam yang terkenal ini, Yesus mengungkapkan bahwa salah satu muridnya akan mengkhianatinya, dan menyerahkannya untuk dibunuh. Da Vinci membuat ini jelas, menunjukkan Yudas (murid yang akhirnya mengkhianati dan menyerahkan Yesus) sebagai menumpahkan garam di atas meja, bagian dari permainan kata-kata renaisans.

Secara ajaib, lukisan ini masih dalam kebijaksanaan, setelah hampir dicuri, dihancurkan, dilanda perang, cuaca, dan lingkungan yang mengerikan yang entah bagaimana dialaminya. Lukisan itu sangat terkenal saat ini, dan harus direncanakan untuk dilihat berbulan-bulan sebelumnya, jika tidak bertahun-tahun — ada antreannya, itu pasti.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *