5 Bangunan Tertua di Dunia

5 Bangunan Tertua di Dunia

Nenek moyang manusia purba kita nomaden selama ribuan tahun sebelum peradaban sejati pertama dimulai di Mesopotamia sekitar 3200 SM. Ketika orang-orang mulai menetap, mereka mulai membangun struktur atau bangunan yang lebih permanen. Bangunan tertua yang ada berasal dari awal peradaban. Bangunan tua ini dibangun dengan bahan yang kokoh dan sering kali direnovasi saat masih digunakan, yang berkontribusi pada umur panjangnya. Saat ini, semua bangunan ini adalah situs arkeologi penting dan beberapa dibuka untuk umum sebagai tujuan wisata populer.

Karena kita telah membahas struktur, kuil, dan piramida tertua sebelumnya, sebagian besar bangunan ini telah dihilangkan dari daftar ini. Sebaliknya, kami memilih untuk fokus pada bangunan (struktur dengan atap dan dinding) yang dimaksudkan untuk digunakan oleh tempat tinggal
orang – orang kuburan juga tidak dimasukkan.

5. Istana Knossos

Situs arkeologi Knossos adalah rumah bagi sisa-sisa Istana Knossos serta beberapa bangunan lain yang membentuk kompleks yang berfungsi sebagai ibu kota Kreta Minoan. Istana pertama dibangun sekitar awal abad ke-20 SM dan digantikan oleh istana kedua sekitar tahun 1700 SM. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa istana pertama mungkin belum sepenuhnya hancur oleh gempa bumi dan bahwa orang Minoa baru saja merenovasi istana secara ekstensif selama berabad-abad.

Sayangnya Knossos sering dilanda bencana alam atau malapetaka lain seperti perang dan penjajahan oleh peradaban lain. Sementara istana dibangun kembali beberapa kali, akhirnya dihancurkan untuk selamanya sekitar 1300 SM dan Knossos akhirnya ditinggalkan sekitar satu abad kemudian. Ketika Knossos digali pada awal 1900-an, arkeolog Inggris Arhtur Evans memulihkan istana secara ekstensif. Namun, karya Evans dianggap kontroversial karena beberapa arkeolog yakin dia membayangkan detail dan menggunakan bahan yang telah membahayakan situs tersebut.

4. Shunet el-Zebib

Shunet el-Zebib adalah salah satu bangunan tertua di Mesir dan merupakan salah satu bangunan bata lumpur tertua di dunia. Bangunan itu dibangun sebagai monumen kerajaan untuk Raja Khasekhemwy, yang memerintah selama dinasti kedua Mesir kuno. Shunent el-Zebib terbuat dari dua bagian utama, makam bawah tanah Raja dan kompleks di atas tanah tempat para pengikut Khasekhemwy dapat berkumpul untuk menyembah penguasa mereka yang telah meninggal.

Shunet el-Zebib dibangun sekitar 2750 SM dan diyakini sebagai pendahulu langsung piramida terkenal Mesir. Djoser, penerus Khasekhemwy, dipengaruhi oleh desain Shunet el-Zebib dan akhirnya membangun Saqqara Step Pyramid (alias Piramida Djoser), piramida sejati pertama. Sekitar tahun 2007, para arkeolog memulai proyek untuk mengembalikan Shunet el-Zebib ke kejayaannya.

3. Kuil Tarxien

Kuil Tarxien terdiri dari empat kuil yang dibangun antara 3600 – 2500 SM. Bersama dengan Kuil Ġgantija yang lebih tua, Kuil Tarxien membentuk Kuil Megalitik di Malta situs Warisan Dunia UNESCO. Sebagian besar candi tertua, di bagian paling timur situs, telah hilang, tetapi tiga lainnya telah direkonstruksi secara substansial.

Situs Tarxien ditemukan pada 1920-an oleh Sir Themistocles Zammit, Direktur Museum pada saat itu. Zammit bertanggung jawab untuk membangun kembali Kuil Selatan, Kuil Timur, dan Kuil Pusat selama penggalian aslinya. Kuil Tarxien terkenal dengan balok dan layar batu yang sangat dihias, relief hewan peliharaan dan spiral, patung kolosal, dan sejumlah altar. Pada tahun 2012, jalan setapak yang ditinggikan selesai dibangun, memungkinkan pengunjung untuk melihat kompleks candi dengan jelas.

2. Kuil Ġgantija

Kuil Ġgantija adalah salah satu penemuan arkeologi terpenting di pulau Malta dan salah satu situs arkeologi paling misterius yang pernah ditemukan di mana pun di dunia. Kedua kuil Ġgantija dibangun antara 3600 – 3200 SM dan merupakan yang tertua dari Kuil Megalitik Malta, yang semuanya merupakan situs Warisan Dunia UNESCO.

Kuil-kuil tersebut dinamai menurut kata dalam bahasa Malta untuk raksasa, ġgant, karena situs tersebut umumnya dikaitkan dengan ras raksasa misterius. Sementara para arkeolog tidak yakin untuk apa kuil itu digunakan, ada bukti ritual pengorbanan hewan. Sejumlah sisa-sisa hewan ditemukan di dekat perapian batu di kuil.

1. Knap of Howar

Knap of Howar

Kencan kembali ke sekitar 3600 SM, Knap of Howar adalah bangunan tertua di dunia dan kemungkinan besar merupakan rumah tertua yang masih berdiri. Knap of Howar terdiri dari dua rumah batu yang ditemukan pada tahun 1930-an ketika erosi mengungkapkan bagian dari dinding batu. Segera setelah itu, situs itu digali dan para arkeolog menemukan bahwa kedua bangunan itu dihubungkan oleh sebuah lorong melalui dinding sambungan.

Arkeolog percaya bahwa yang lebih besar dari dua bangunan itu digunakan sebagai rumah utama dan struktur yang lebih kecil berfungsi sebagai bengkel atau gudang. Akhirnya, siapa pun yang tinggal di gedung menutup pintu masuk ke rumah yang lebih kecil tetapi terus menggunakan rumah utama selama beberapa tahun. Selain itu, para arkeolog mengira situs itu telah berusia berabad-abad dan bahwa struktur saat ini dibangun di atas sisa-sisa bangunan sebelumnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *