5 Air Terjun Tertinggi di Dunia

5 Air Terjun Tertinggi di Dunia

Menyaksikan air terjun besar yang mengalir ribuan kaki ke jurang yang dalam atau lembah membentuk pengalaman sekali seumur hidup. Dan, ketika ada daftar yang tertinggi di dunia jatuh dekat, dorongan untuk menjelajahi kreasi alam yang fantastis ini benar-benar tak tertahankan. Buka artikel untuk mewujudkan impian Anda menaklukkan air terjun tertinggi di dunia menjadi kenyataan.

1. Air Terjun Yumbilla, Peru – 896 meter

Dalam bahasa Quechua di Wilayah Amazonas, kata “Yumbillo”, yang berarti “hati cinta”, dan memang bentuk air terjun spektakuler yang terletak di Hutan Air Terjun Raksasa Cuispes mirip dengan hati. Air terjun tertinggi ke-5 di dunia, meskipun memiliki volume air yang tipis, merupakan keajaiban untuk dilihat terutama karena terlihat seperti saluran keperakan saat membelah hutan awan.

2. Air Terjun Olo’upena, Amerika Serikat – 900 meter

Jatuh di atas salah satu tebing tepi laut tertinggi di dunia, air terjun ini terletak di bagian timur laut Pulau Molokai di Hawaii. Dibentuk pada aliran pendek musiman, mereka terukir jauh ke dalam tebing, sehingga membuatnya hanya dapat diamati dari udara atau laut.

3. Cataratas las Tres Hermanas, Peru – 914 meter

Juga disebut Air Terjun Tiga Saudara karena 3 tingkatan yang terlihat, yang satu ini terletak di wilayah terpencil Ayacucho Peru yang memiliki hutan hujan tropis yang rimbun. Mencapai ketinggian 914 meter, 2 tingkat teratas turun ke cekungan tangkapan besar, sedangkan yang ketiga jatuh ke Sungai Cutivireni di bawahnya.

4. Air Terjun Tugela, Afrika Selatan – 948 meter

Rangkaian katarak yang memiliki ketinggian 3.110 kaki ini mudah terlihat dari jalan utama usai hujan deras. Ditempatkan di sumber Sungai Tugela di Pegunungan Drakensberg di provinsi KwaZulu-Natal, itu menyumbang air terjun tertinggi di Afrika Selatan.

5. Air Terjun Angel, Venezuela, Amerika Selatan – 979 meter

Terjun 807 meter dari dataran tinggi datar, Auyán-Tepuí, Air Terjun Angel yang terletak di Taman Nasional Canaima Negara Bagian Bolivar, berjaya sebagai air terjun tanpa gangguan tertinggi di dunia. Air terjun ini dinamai berdasarkan petualang Amerika, James Crawford Angel, yang menemukannya secara tidak sengaja pada tahun 1933 ketika pesawatnya mendarat di wilayah tersebut. Membentuk anak sungai Carrao River, air terjun ini juga disebut sebagai Kerepakupai Merú, Parecupa Merú, Salto Angel, Salto Churún Merú, semuanya berarti “air terjun dari tempat terdalam”.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *